Ekbis  

Warga Lokus P2WKSS Cinangka Dikasih Pelatihan Ecoprint

CINANGKA, PLANETDEPOK.COM – Dinas Koperasi dan Usaha Menengah (DKUM) Kota Depok memberikan pelatihan ecoprint, bagi 50 warga di lokasi khusus program Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di RW 04 dan RW 05, Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan.

“Kelompok pertama digelar pada 19 – 21 September 2022. Sedangkan kelompok kedua pada 22 – 24 September,” ujar Kepala DKUM Kota Depok, Dede Hidayat, Selasa (20/9/2022).

Dirinya menjelaskan, ecoprint merupakan kegiatan memberikan corak atau motif pada kain atau kulit dengan menggunakan bahan alami.

Baca Juga:  Kunjungi Sentra Pengrajin Batik Khas Depok, Idris Berkomitmen Terus Fasilitasi UMKM

Yaitu, tegasnya, berasal dari berbagai tanaman meliputi daun, bunga dan kayu.

“Pada pelatihan kali ini, kami mengundang narasumber dari Shabira yang sudah terlatih di bidangnya,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Sri Alderina selaku narasumber mengatakan, selama tiga hari pelatihan, para peserta diberikan materi yang berbeda.

Untuk hari pertama, peserta diajari membuat ecoprint dari awal hingga akhir.

Baca Juga:  Wakil Wali Kota Depok Monitoring Harga Kebutuhan Pokok

“Di hari kedua, kain yang sudah diproses kemudian dijahit dan dibuat menjadi sebuah tas. Tas ini langsung dibawa pulang sebagai kenang-kenangan,” tuturnya.

Kemudian, pada hari ketiga, akan digelar eco pounding. Yaitu sebuah proses transfer pigmen warna, dengan cara dipukul memakai palu kayu agar timbul jejak daun dan bunga pada kain.

“Diharapkan dengan ilmu yang diberikan dapat terus dikembangkan, karena dengan modal yang sangat minim dan bahan baku yang tersedia di lingkungan, dapat menghasilkan dan memperbaiki perekonomian,” tutupnya. *iki

 19 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga:  Wajib Pajak di Mudahkan, Pemkot Depok Luncurkan Program PALING D’BEST