Ekbis  

Wawako Depok Minta Warga Tanamkan Pola Pikir Sampah Hasilkan Uang

IBH Launching 10 Gerai Jelantik Harjamukti

IBH Launching 10 Gerai Jelantik Harjamukti
HARJAMUKTI, PLANETDEPOK.COM – Wakil Wali Kota (Wawako) Depok, Imam Budi Hartono (IBH) meresmikan 10 gerai pengumpulan minyak jelantah yang diberi nama Jelantah Cantik (Jelantik) di Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis.

Masyarakat, kata dia harus menanamkan pola pikir, bahwa sampah berpeluang menghasilkan uang. Dengan hadirnya gerai Jelantik, warga Kelurahan Harjamukti diminta untuk mulai melakukan sedekah limbah rumah tangga tersebut.

“Minyak jelantah mempunyai nilai ekonomis, dengan mengumpulkan minyak jelantah ke gerai dan dapat ditukarkan dengan uang. Bahkan, bisa diubah menjadi bahan bakar dan sabun,” ujarnya, Minggu (19/9/21)

Baca Juga:  Gratis Daftar Jadi Pelanggan Tirta Asasta via Online

Limbah minyak jelantah, terangnya, dapat mencemari lingkungan jika dibuang sembarangan ke tanah dan air. Dampaknya sangat luas dan ekosistem pun akan mati.

“Kami berharap masalah sampah dapat selesai di tingkat RW melalui UPS dan bank sampah, sehingga mengurangi jumlah sampah yang masuk ke TPA Cipayung,” pintanya.

Baca Juga:  HIPMI Depok Diminta Kembangkan Batik Khas Depok

Sedangkan Lurah Harjamukti Sukmara Wirakusumah mengatakan, pengumpulan minyak jelantah dapat diserahkan ke masing-masing bank sampah yang sudah terbentuk sebelumnya. Antara lain di RW 04, 05, 06, 09, 10, 11, Baitul Hikmah, Akhdor, dan Ar-Rabbani.

“Dari 16 RW, yang sudah terbentuk ada 10 gerai. Kami sangat mendorong warga agar membiasakan diri tidak membuang limbahnya sembarangan dan mulai memilahnya dari rumah,” utasnya. *cky

 722 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga:  Sekber Wartawan Kota Depok MoU Dengan Koperasi SWS