Wawalkot Depok Ajak Ortu Fahami Pola Asuh Anak Jelang Akil Baliq

Wawalkot Depok IBH (foto: ist)

Wawalkot Depok IBH (foto: ist)
DEPOK, PLANETDEPOK.COM – Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH) mengajak para orang tua untuk memahami bagaimana pola pengasuhan anak menjelang dan saat mengalami akil baliq.

Pasalnya, orang tua bertanggung jawab memberikan pengajaran dan pendidikan untuk pertama kalinya bagi sang anak serta memiliki tanggung jawab, kewajiban dan kuasa untuk membentuk anak di kemudian hari.

“Oleh kerena itu, sebagai orang tua dituntut untuk paham dan bijak dalam pengasuhan anak, khususnya terkait dengan pendidikan nilai-nilai luhur, moral dan penanaman karakter yang perlu dimiliki seorang anak,” ujar IBH saat membuka acara Ngobrol Santai tentang Kesehatan, Ketahanan Keluarga dan Kewaspadaan Bencana (NGOBRAS SENADA) bertema Pendidikan Akil Balig Anak dan Remaja Bagi Orang Tua (Mengenal Diriku dan Dirimu), secara daring, Sabtu (21/05/22).

Baca Juga:  Mendadak, Pangdam Jaya Sambangi 4 Koramil di Depok

IBH mengatakan, hal ini dilakukan dengan harapan dapat berdampak positif terhadap kehidupan anak dan juga mencetak generasi bangsa yang berkualitas.

Selain itu, imbuhnya, sebaik-baiknya pendidikan adalah pendidikan yang diajarkan langsung oleh kedua orang tua.

“Orang tua sangat berperan penting dalam perkembangan anak termasuk suri tauladan orang tua terhadap anak, berpengaruh kapada pola pengasuhan yang akan berkontribusi pada kebahagiaan anak sehingga nanti akan mengarah kepada penurunan masalah pada anak dan meningkatkan perfrom anak secara kognitif,” jelasnya.

Baca Juga:  Idris Mau Dilantik, Pradi Niitip PR ke Walikota Depok Terpilih

Selain itu, IBH menjelaskan, selama ini Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berusaha meningkatkan dan menguatkan ketahanan keluarga dengan melakukan berbagai upaya melalui program-program ketahanan keluarga.

Salah satunya membentuk Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Harmoni Kota Depok, yang menyediakan layanan konsultasi masalah anak, remaja dan keluarga oleh psikolog dan konselor secara gratis.

“Maka dari itu, saya berharap kepada para orang tua untuk juga melakukan pendekatan religi, menyadarkan pada aspek spiritual yang akan mendorong setiap anggota keluarga dapat menjaga amanah yang dibebankan pada kapasitas masing-masing. Pendekatan ini insyaallah akan berdampak baik serta menjadi stimulan dalam menghadapi setiap tantangan yang dihadapi,” tandasnya. *iki

 58 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga:  Sah ! Kelas Wartawan Depok Program S1/S2 STIH Iblam