Wifi Gratis Bermanfaat Bagi Perkembangan UMKM & Pelajar

SUKAMAJU BARU, planetdepok.com – Kehadiran wifi gratis dari pemerintah Kota Depok, tak hanya bermanfaat untuk UMKM, tetapi untuk berbagai keperluan lain seperti saat PJJ.

Bekerjasama dengan Kampus YAI- Jakarta, Kelurahan Sukamaju Baru berupaya memajukan wilayah dan masyarakatnya. Meskipun pertemuan dilakukan secara video conference, manfaatnya tetap dirasakan, salah satunya yang tersentuh kerjasama ini adalah UMKM Sukamaju Baru.

“ YAI memberikan banyak masukan mengenai perdagangan online untuk anggota UMKM kami. Saya rasa itu penting, di masa pandemi ini, perdagangan online makin marak”, ujar Lurah Sukamaju Baru Pairin, Jumat (27/11).

Saat ini, menurutnya, UMKM Sukamaju Baru beberapa anggotanya, sudah mulai menawarkan dagangan secara online. Berkat program wifi gratis dari Pemkot Depok, cukup mendukung hal tersebut, barangkali ke depan UMKM sudah bisa memiliki website sendiri.

“Kalau sekarang memang belum, tapi sudah mulai mengarah,” imbuhnya.

Baca Juga:  Dua Dekade APU-PPT, PPATK dan BNI Tanam Pohon

Dia menjelaskan, perkembangan UMKM Sukamaju Baru cukup pesat, kepengurusannya baru terbentuk Februari 2020 kini anggotanya sudah lebih dari 60.

Meski belum eksis dalam perdagangan online, Pairin tak tinggal diam, ia ingin UMKM tetap maju berkembang. Pasalnya, pelaku UMKM butuh wadah untuk menggelar produknya.

Keterbatasan akibat Covid membuat kemajuan UMKM juga tidak bisa pesat, tak banyak pameran bisa diselenggarakan. Paling – paling pelaku UMKM mengikuti pameran atau bazzar yang di selenggarakan Pemkot.

“ Untuk memamerkan atau memasarkan produknya, mereka butuh gerai atau outlet. Kami hanya bisa menyediakan lahan di halaman kelurahan . Saya rasa hasilnya cukup baik karena sampai saat ini masih berjalan”, tandasnya.

Lurah Sukamaju Baru Pairin

Anggota UMKM, membawa produknya ke outlet dan di jual Kelurahan . Mereka juga menerima pesanan baik dari warga Sukamaju Baru maupun dari wilayah lain di Kota Depok.

Kehadiran wifi gratis dari pemerintah Kota Depok, tak hanya bermanfaat untuk UMKM tetapi juga untuk berbagai keperluan lain, seperti saat PJJ seperti sekarang ini. RW juga bisa memantau kegiatan Kelurahan dengan mudah, lantaran RW sekarang dibekali 1 handphone oleh pemerintah.

Baca Juga:  Direktur Pusat Studi Hukum & Politik Kota Menilai Toleransi Kehidupan di Depok Baik

” Di wilayah saya dari 15 RW 92 RT, kini sudah hampir semua terpasang 2 wifi hanya di RW 10, 6dan 8 yang masih baru terpasang satu, karena masih mencari lokasi yang tepat. Dengan adanya wifi disetiap RW, juga sangat bermanfaat bagi anak-anak yang belajar jarak jauh, menghemat kuota yang harus
dibeli orang tua”, paparnya.

Sebelum pemkot memberikan wifi gratis, ada beberapa RW secara mandiri memasang wifi gratis untujk kepentingan anak-anak di wilayahnya. Dengan adanya wifi dari
pemerintah, mereka tetap menggunakan yang mandiri ditambah yang baru, Jadi makin banyak yang bisa dibantu.

“Tapi sekarang sudah ada juga tambahan kuota yang dibagikan pemerintah lewat
provider. Sehingga warga bisa memanfaatkan wifi ini untuk banyak hal selain memudahkan
komunikasi”, utasnya.

Baca Juga:  BP4D Depok Sosialisasi Penyusunan Perubahan RKPD

Meski wifi gratis punya banyak manfaat. Pairin tak ingin warganya menyalahgunakan, untuk itu ia minta dibantu pihak karangtaruna untuk menyaring konten yang bisa dibuka.

“Anak-anak muda lebih paham gadget, jadi saya minta agar anak-anak yang PJJ dibatasi agar tidak bisa membuka konten-konten pornografi atau sejenisnya. Begitu pula saya pesan pada RW agar membatasi jam-jam pemakaian gadget misalnya dimatikan saat waktu ibadah”, pungkasnya. *cky

 320 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.