Zakat Fitrah Biar Seragam, MUI Kelurahan Cipayung Menggelar Sosialisasi Pengelola Zakat Bagi DKM Masjid Dan Musholla

planetdepok.com – Cipayung
Sebagai salah satu program Majelis Ulama Indonesia Kelurahan Cipayung menggandeng, BAZNAS Kota Depok melakukan Sosialisasi pengelola Zakat bagi para Ketua DKM Masjid dan Musholla se-Kelurahan Cipayung.

Sosialisasi ini digelar Minggu (17/04/2022) di Masjid pertigaan Cipayung ini sendiri dihadiri oleh Ketua Baznas Kota Depok H. Encep, Camat Cipayung Hasan Nurdin, Lurah Cipayung Muhammad, Ketua MUI Kelurahan Cipayung, Ketua LPM Ustad Sobari, Pengurus DKM Masjid dan Musholla se-Kelurahan Cipayung serta Tokoh Masyarakat.

Menurut Sekretaris MUI Kelurahan Cipayung Muklis mengatakan, pentingnya DKM Masjid dan Musholla, untuk meningkatkan kinerja pengumpulan zakat di Masjid dan Musholla, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perkembangan keislaman di lingkungan masjid melalui pemberdayaan zakat, infaq.

“Sosialisasi ini untuk masjid-masjid dan Musholla merupakan implementasinya akan menjadi penguatan pemberdayaan bagi masyarakat sekitar masjid. Jadi program-program BAZNAS bisa bersinergi dengan masjid-masjid seperti Zakat, infak,” ungkap Muklis, Minggu kemaren (17/4/2022).


Muklis menjelaskan, ini merupakan proram pertama MUI Kelurahan Cipayung, pelaksanaan pengelolaan zakat, di maksudkan untuk mengetahui mengenai zakat yang di berikan oleh Baznas Kota Depok.
“Kita akan serasikan di setiap masjid dan Musholla, mengenai besaran zakat dan infaknya, maksudnya kita akan samakan di semua masjid dan musholla,” katanya.
Baca Juga:  RW 19 Abadijaya Gelar Bazar Ramadhan Pasar Tajil RW 19 Bojong Keren Selama Sebulan

“Di bulan Ramadhan bisa menyerahkan zakat fitrah dan zakat mal, di masjid dan mushala, jangan sampai nanti ada hak-hak yang keluar tidak sesuai dengan manfaatnya dan kita ingin lebih fokus pada lingkungan sekitar kita,” ujarnya. 

Sementara itu Camat Cipayung Hasan Nurdin menyampaikan, masjid tidak hanya untuk ibadah tapi juga menjadi basis ekonomi, pendidikan dan sosial budaya, dan di tempat itulah mereka mendapatkan pencerahan ilmiah. 
“Saya kira ini harus didorong dan Ramadhan menjadi momentum baik untuk penguatan masyarakat kita berbasis Masjid,” ucap Hasan yang di dampingi Lurah Cipayung Muhammad.

Baca Juga:  Ade Supriatna Anggota DPRD Kota Depok Fraksi PKS, Optimis Prongam Janji Akan Selesai Diakhir Masa Jabatannya

Pria yang akrab disapa Hasan ini mengatakan, ini menjadi contoh di masjid dan Musholla, kita berdayakan dan memberdayakan dirinya melalui forum-forum komunikasi paling tidak di tingkat kecamatan.
“Nantinya penguatan-penguatan tata kelolanya akan disinergikan, jika itu berkaitan dengan tata kelola zakat maka itu bisa dikuatkan dengan BAZNAS,” jelasnya. 


Dia juga mengajak seluruh masjid untuk melakukan hal yang sama, untuk membuat forum komunikasi agar seluruh kerja-kerja manajerial masjid dapat tertata dengan baik dan manfaatnya dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
Baca Juga:  Idris - Imam Segera Launching Kartu Depok Sehat

“Di setiap masjid dan Musholla bisa melakukan pembinaan-pembinaan dan sosialisasi dengan Baznas Kota Depok, untuk menggerakkan Zakat, Infak, Sedekah,” tutur Hasan.

Ke depan, kata Hasan pihaknya siap untuk berkoordinasi dengan BAZNAS, melakukan sosialisasi pengelolaan zakat di Kecamatan Cipayung, tidak hanya pada bulan Ramadhan saja tetapi juga di hari-hari biasa. (Adi).

 383 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.