Kacamata Politik Basis 24, Supian-Chandra Lebih Unggul

Kacamata Politik Basis 24, Supian-Chandra Lebih Unggul
Basis 24 (foto: rade)
Kacamata Politik Basis 24, Supian-Chandra Lebih Unggul
Basis 24 (foto: rade)

Cilodong, Planetdepok.com – Barisan Supian Suri 2024 (Basis 24), mengungkapkan kekuatan pasangan Supian Suri dan Chandra Rahmansyah di Pilkada Depok 2024, dibandingkan dengan kekuatan lawan.

Saat ini, Pilkada Depok 2024 diprediksi hanya diikuti dua pasang calon, yakni Supian Suri dan Chandra Rahmansyah yang akan diusung Koalisi Perubahan Depok Maju.

Selanjutnya, Imam Budi Hartono dan Ririn Farabi Arafiq yang akan diusung PKS dan Partai Golkar.

Ketua Basis 24 Kasno mengatakan, berdasarkan kekuatan koalisi, pasangan Supian Suri dan Chandra Rahmansyah lebih unggul apabila dibandingkan dengan lawannya.

Pasalnya, Supian Suri dan Chandra Rahmansyah akan diusung 8 partai parlemen PKB, PPP, PAN, PDI Perjuangan, PSI, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Nasdem dan 4 partai non parlemen seperti Partai Buruh, Partai Perindo, Partai Gelora, dan Partai Ummat.

Baca Juga:  Daftar ke KPU, Supian-Chandra Resmi Maju di Pilkada Depok

“Dari jumlah mesin politik di koalisi, Supian-Chandra sudah mengantongi kemenangan mesin penggerak partai,” ungkapnya, Rabu (28/8/2024).

Berkaca dari koalisi lawan, kata Kasno, Supian Suri dan Chandra Rahmansyah lebih unggul dari kekuatan di dalam partai koalisi.

“Sementara, Supian dan Chandra ada 21. Itu berarti, dari kepala penggerak sebagai mesin politik saja sudah unggul 70 persen,” ceplosnya.

Kedua, beber Kasno, kemenangan tabulasi dimana tabulasi adalah mesin politik, penampung di setiap partai koalisi.

Asumsinya, bila satu partai menggerakkan minimal 10 penggerak untuk mengisi tabulasi, dengan jumlah 8 partai koalisi, maka sudah ada 80 pemilih dari gerakan tabulasi suara di setiap partai.

Sementara lawan politik yang cuma dua partai dengan asumsi yang sama mengisi 10 orang setiap partai, berarti cuma 20 suara yang dikumpulkan di tabulasi.

Baca Juga:  Mantan Lurah, Senior Golkar & LPM Tanah Baru Dukung Supian-Chandra

“Lagi-lagi, jumlah suara pendukung Supian-Chandra sudah 80 persen. Dan bila bicara jumlah, dalam kontestasi suara terbanyak yang menang,” papar Kasno.

Di samping itu, jelas Kasno, keunggulan pasangan Supian Suri dan Chandra Rahmansyah dipengaruhi dinamika politik nasional, dimana partai penguasa di Depok telah memutuskan untuk berkoalisi dengan lawan politik.

Tidak bisa dipungkiri, sudah 20 tahun partai penguasa berkuasa di Kota Depok, hal itu menandakan keunggulan dan kemenangan karena partai penguasa dianggap partai idealis, agamis, dan juga partai ideologi.

“Meskipun orang bukan sebagai anggota atau pengurus, karena satu ideologi, akhirnya mendukung partai penguasa,” sebut Kasno.

Namun, ulasnya, pasca pemilu 2024 baru lalu, partai penguasa masuk dan mendukung figur dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang selama ini menjadi lawan politik.

Maka seketika banyak struktur (pengurus) dan partisipan disinyalir berhamburan, menunjukkan rasa kecewa dan marahnya.

Baca Juga:  Stakeholder RW 07 Rangkapanjaya Deklarasi Dukung Supian - Chandra

“Karena selama ini berada di jalur oposisi, disinyalir sudah bersikap oportunis,” terangnya.

Kasno memastikan, kekecewaan itu juga terjadi di Kota Depok, sehingga kemenangan Supian Suri dan Chandra Rahmansyah semakin nyata.

“Disinilah lagi-lagi Supian dan Chandra, akan mendapatkan air bah dukungan dari rasa kecewa partisipan yang merasa dikhianati, secara sosial politik mereka akan melakukan pembalasan politik dengan tidak mendukung calon yang diusung dalam Pilkada Depok,” utasnya. *iki

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.