Hingga Kini, Depok Miliki 105 Taman yg Tersebar di 21 Kelurahan

DEPOK, Pemkot Depok melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) ‘genjot’ penyelesaian pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) berupa taman dan tempat bermain di 63 kelurahan hingga tahun 2021. Demikian dikatakan Wakikota Depok, Muhammad Idris saat meresmikan Taman Elok, RW 11 Kelurahan Duren Seribu, Selasa (12/02/2019)

“Kami serius dalam menanggani program satu taman di satu kelurahan sehingga untuk memenuhi target tersebut diharapkan tahun 2020 dan 2021 seluruh kelurahan sudah memiliki RTH yang dijadikan taman, bersantai dan tempat rekreasi warga,” Ungkap Idris.

Pemkot Depok, lanjut Idris, berkomitmen untuk terus menambah taman di Depok, sejalan dengan keinginan untuk memenuhi terwujudnya ketersediaan ruang terbuka hijau (RTH). Pembangunan taman ini berdasarkan UU Penataan Ruang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang sebagai upaya pemenuhan kebutuhan RTH 30 % dari luas wilayah Kota Depok.

“Ini merupakan janji kami untuk membangun taman di setiap kelurahan. Adapun sampai dengan saat ini telah terbangun taman di 21 kelurahan dari 63 kelurahan yang ada di Kota Depok,” ujar Idris.

Dia ungkapkan, warga dapat memanfaatkan seluruh taman yang tersebar di wilayah kelurahan tanpa retribusi. Namun jika akan digunakan untuk kegiatan yang bersifat massal ataupun kegiatan tertentu, maka wajib mengajukan surat permohonan pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok untuk mengurus perizinan.

“Ini bagian dari komitmen kami untuk menjadikan Depok Kota Ramah Anak dan Depok Ramah Lansia. Taman ini dapat digunakan sebagai tempat untuk anak-anak berekspresi dan tempat lansia berkumpul,” ujar Idris.

Tahun ini, Idris tambahkan, Pemkot Depok memprioritaskan taman yang dibangun di wilayah kelurahan yang belum memiliki taman dan masih minim fasilitas sosial dan fasilitas umum bagi warga.

“Misalnya di wilayah Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kelurahan Cipayung Jaya di Kecamatan Cipayung dan di Kelurahan Cilodong di Kecamatan Cilodong.” pungkas Idris.

Setiap tahun Pemkot Depok menargetkan pembangunan 10 taman. Hingga 2021 mendatang, diharapkan dapat terbangun taman di 63 kelurahan.

Hingga kini, Depok sudah memiliki 105 taman, baik di tingkat RW atau di kelurahan. Ke-105 taman itu tersebar di 21 kelurahan dari total 63 kelurahan se-Kota Depok. -MH

 

 573 total views,  1 views today

%d blogger menyukai ini: