Koordinasi Lancar, Walikota Yakin Pilkada Depok Berjalan Damai

Koordinasi Lancar, Walikota Yakin Pilkada Depok Berjalan Damai
Walikota Depok Mohammad Idris (tengah baju batik) (foto: ist)

Balaikota, Planetdepok.com – Wali Kota Depok Mohammad Idris, apresiasi semua pihak yang terlibat dalam persiapan dan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok.

Menurutnya, pelaksanaan Pilkada bukan sekadar proses memilih pemimpin, tetapi juga langkah penting dalam menjaga martabat kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk itu, ia berpesan pemimpin terpilih harus mampu menerjemahkan visi, misi, serta dasar hukum seperti Undang-undang Dasar (UUD), ke dalam kebijakan yang nyata demi kesejahteraan masyarakat.

“Pemilihan ini tidak hanya soal memilih, tetapi juga memastikan kepemimpinan yang benar-benar memahami dan mengimplementasikan prinsip-prinsip bernegara,” paparnya, saat menerima kunjungan kerja (kunker) spesifik dari Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI ke Balai Kota Depok, Selasa (17/9/2024).

Idris menyampaikan kebanggaannya, karena dalam sejarah Pilkada di Kota Depok, pelaksanaan selalu berjalan aman dan damai, tanpa ada insiden besar.

Baca Juga:  Camat Sukmajaya Ajak Warga Kolaborasi Persiapkan Pilkada

“Alhamdulillah, Pilkada di Depok selalu berlangsung dengan tertib, saya sangat berterima kasih kepada KPU, Bawaslu, Kesbangpol, dan semua pihak yang terlibat atas kerja keras mereka dalam melaksanakan tahapan Pilkada sesuai aturan,” tukasnya.

Selain itu, ia menegaskan pentingnya menjaga netralitas, terutama di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga honorer.

Guna memastikan hal tersebut, ia telah mengeluarkan surat edaran yang mewajibkan seluruh ASN dan tenaga honorer, menandatangani fakta integritas guna memastikan mereka tetap netral dalam proses pilkada.

“Peran aparat keamanan, juga sangat penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, tetapi saya yakin Kota Depok akan tetap mempertahankan reputasinya sebagai kota yang aman dan damai selama Pilkada,” tambahnya.

Baca Juga:  Sukseskan Pilgub & Pilkada, Kecamatan Sawangan Ngobar Dengan SWI Depok

Idris berharap, proses pilkada kali ini berjalan dengan lancar dan damai, seperti yang sudah terjadi di pemilihan sebelumnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Depo Lienda Ratna Nurdianny menyampaikan, berbagai bentuk dukungan telah disiapkan untuk menyukseskan Pilkada Depok.

“Kami sebagai dinas pengampu, terus melanjutkan kolaborasi yang baik dengan semua pihak terkait,” ucapnya.

Persiapan sudah dilakukan secara komprehensif, mulai dari koordinasi dengan penyelenggara pilkada, aparat keamanan, hingga stakeholder lainnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, tandasnya, juga telah memberikan dukungan penuh, baik dari segi personel, sarana dan prasarana, hingga dukungan dana bagi aparat keamanan.

Selain itu juga, sosialisasi kepada masyarakat dilakukan secara menyeluruh untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Baca Juga:  KPKD Siap Kawal Pilkada Depok Wujudkan Pemilu Damai

Terakhir, sambung Lienda, dengan persiapan yang matang dan sinergisitas yang baik antara pemerintah, penyelenggara pemilu, dan aparat keamanan, diharapkan Pilkada Depok 2024 dapat berjalan sukses, aman, dan damai seperti pemilu-pemilu sebelumnya.

“Kami sudah bekerja sama dengan KPU dalam hal sosialisasi. Alhamdulillah, koordinasi berjalan lancar, yang terpenting adalah situasi tetap kondusif dan partisipasi masyarakat terus meningkat,” tutupnya. *iki

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.