Disdamkar dan Penyelamatan Depok, Roadshow Door To Door Berikan Pemahaman Dini Kejadian Kebakaran

planetdepok.com – Cilodong
Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok terus berupaya melakukan beragam cara guna mencegah terjadinya bencana atau Kebakaran di wilayah Kota Depok, dengan memberikan edukasi dan sosialisasi. Di buka langsung Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok R. Gandara Budiana.

Terlebih sejak Kota Depok kembali masuk kategori wilayah dengan status Level 2 atau tingkat risiko rendah penyebaran Covid-19.
Diantaranya dengan mengajak masyarakat menjadi relawan di masing-masing wilayah khususnya di tingkat Rukun Warga (RW), perkumpulan, Dunia usaha, Sekolah dan masyarakat umum.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penyuluhan, Disdamkar dan Penyelamatan Kota Depok Nelson Da Silva, mengatakan, pihaknya memberikan edukasi kepada warga untuk mengetahui cara pencegahan dini tentu dengan protokol kesehatan.


Kali ini, warga yang disasar ada di wilaya Jln H. Usman Hasbi Rt 04 Rw 04 Kelurahan Jatimulya Kec. Cilodong Kota Depok.
Baca Juga:  Sambut HUT 23 Kota Depok, Kecamatan Cilodong Gelar Vaksinasi

“Tujuan dari kegiatan ini agar terbentuk relawan lokal dari karang taruna ataupun warga setempat,” papar Nelson saat dihubungi, Kamis, (30/03/2022).

Sementara itu Kasi Penyuluhan dan Peran serta Masyarakat pada Disdamkar dan Penyelamatan Kota Depok Syarif Hidayat mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 50 peserta yang terdiri dari, pengurus RW, Ketua RT Nasri RW H. Deden, Sekel Yasundi, Kasi Ekbang. LPM Sabeni, Staf Barna Warga Unsur kampung KB, posyandu, Katar, RT, Toga, Tomas dan anggota karang taruna.

Baca Juga:  Idris - Imam Akan Lanjutkan Tradisi Depok Sejuta Maulid

“Ini akan menjadi orang pertama yang mengetahui kejadian bencana di lingkungannya, khususnya dalam membantu mencegah penyebaran api,” ujarnya.


Dalam giat kali ini kami menurunkan alat berupa alat peraga kejadian kebakaran, sejak dini mengenai pemahaman keselamatan pada waktu terjadi bencana baik itu kebakaran maupun bencana lainnya.

“Kami hadir disini untuk memberikan pemahaman mengenai Tupoksi Dinas Pemadaman Kebakaran, kemudian membangun pengertian yang tepat tentang Pemadam Kebakaran, upaya yang dilakukan apabila ada Kebakaran, kelengkapan Sarana dan prasarana Pemadam Kebakaran di sekolah dan langkah yang harus dilakukan ketika terjadi kebakarannya bencana lainnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Titian Ramadhan: Esensi Nuzulul Qur'an

“Harapannya mereka bisa mengantisipasi apabila terjadi kebakaran maupun bencana lainnya baik yang terjadi di Sekolah, Keluarga maupun di lingkungannya,” jelasnya. (Adi).

 883 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.