Disdik Depok Sosialisasikan Penilaian & Implementasi SRA

Balaikota, Planetdepok.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, menggelar sosialisasi penilaian dan implementasi Sekolah Ramah Anak (SRA), pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Diikuti lembaga SRA dan perwakilan Pusat Kegiatan Gugus (PKG) dari 11 kecamatan serta 10 kepala sekolah, kegiatan tersebut mengambil tema ‘Pembinaan Lembaga PAUD Mewujudkan Sekolah Ramah Anak’.

“Pendidikan anak usia dini adalah star awal pendidikan. Oleh karenanya slogannya adalah pendidikan bukan segala-galanya, tapi segalanya ada di pendidikan,” ujar Kepala Bidang PAUD Dan Dikmas, Disdik Kota Depok, Abdurrahman, di Aula Serbaguna, Lantai 10, Dibaleka II, Rabu (26/10/22).

Baca Juga:  Global Islamic Labschool Gelar Simulasi PTMT 100%

Menurutnya, ada point-point penting yang harus diperhatikan dalam mendidik anak usia dini.

Mulai dari bangunan fisik sekolah, terangnya, hingga Sumber Daya Manusia (SDM) di sekolah tersebut haruslah layak.

“Seperti apa yang layak itu akan diukur oleh instrumen-instrumen yang ada. Bukan hanya sekadar ke sekolah ada bangunan, namun saat mengajar tidak ceria kepada anak,” jelasnya.

Baca Juga:  Wujudkan Depok KLA, Kelurahan Mekarjaya Berikan Penyuluhan Kepada Siswa SRA

Sementara itu, Fasilitator Nasional SRA, Andayani Ratnaningrum menjelaskan, SRA adalah satuan pendidikan formal, non-formal, dan informal yang mampu memberikan pemenuhan hak dan perlindungan khusus bagi anak termasuk mekanisme pengaduan untuk penanganan kasus di satuan pendidikan. Sedangkan prinsip SRA terdiri dari lima point penting.

“Yaitu pertama non diskriminatif, kedua kepentingan terbaik bagi anak, ketiga hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan, keempat partisipasi anak dan terakhir pengelolaan yang baik,” jelasnya. *iki

 39 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga:  Atap Gedung SDN Sukatani 7 Rentan Ambruk, Disrumkim Terkesan "Tutup Mata"