Kelurahan Panmas Akan Canangkan RW Ramah TB

Lurah Panmas Suganda saat sambutan pra Musrenbang, Sabtu (9/1/21)
PANMAS, planetdepok.com – Melihat makin maraknya warga masyarakat yang menderita penyakit Tuberkulosis (TB), Kelurahan Pancoran Mas (PANMAS) Kec. Panmas pada tahun ini, akan segera mencanangkan RW Ramah TB.

Lurah Panmas Suganda menyampaikan, tahun 2020 lalu, penderita TB sebanyak 28 orang, didominasi usia dewasa 40 tahun dan kebanyakan penderita adalah wanita.

baca juga:  Ketua LPBI NU Kota Depok Ikut Deklarasikan Relawan Bela Alam

“Sebagai langkah antisipasi makin banyak penularan TB, maka kami akan segera canangkan RW Ramah TB tahun ini”, imbuhnya, usai kegiatan pra Musrenbang, di aula Kantor Kel. Panmas, Sabtu (9/1/21).

Dijelaskannya, penyebab penyakit TB  adalah infeksi bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Bakteri ini umumnya menyerang paru-paru. Bakteri bisa menyebar ke orang lain melalui percikan air liur yang dilepaskan ke udara saat penderita bersin, batuk, atau meludah.

baca juga:  Tidak Targetkan Jumlah, Kecamatan Cinere Ingin Membuat Ribuan Biopori

“TB ini juga merupakan penyakit berbahaya, yang bisa menyebabkan kematian dan cepat menyebar, sehingga perlu kita stop penularannya, dengan melibatkan peran RW di lingkungan”, tegasnya.

Ganda menekankan, meski di beberapa RW, tidak ada kasus TB, namun tetap diharapkan ikut antisipasi penyebarannya dengan mencanangkan sebagai RW Ramah TB. *cky

 145 total views,  1 views today

%d blogger menyukai ini: