Lebih Besar Pemberdayaan, Meruyung Prioritaskan 10 Kegiatan Fisik

Lurah dan Ketua LPM Meruyung bersama Camat Limo dan anggota DPRD Kota Depok (foto: Riki)

Lurah dan Ketua LPM Meruyung bersama Camat Limo dan anggota DPRD Kota Depok (foto: Riki)
Meruyung, Planetdepok.com – Kelurahan Meruyung Kecamatan Limo dalam Musrenbang tahun 2023 untuk pelaksanaan anggaran tahun 2024, hanya memprioritaskan 10 kegiatan pembangunan fisik, lantaran alokasi pemberdayaan lebih besar daripada fisik.

“Prosentase kegiatan pemberdayaan lebih besar, karena kita tidak lagi berorientasi kepada pembangunan fisik. Sekarang kita fokus bagaimana pemberdayaan bisa membantu pembangunan ekonomi Kota Depok, salah satunya dengan alokasi pengembangan ekonomi masyarakat kecil dan menengah, yang lebih besar,” ungkap Lurah Meruyung H. Yuyun Purwana, SKM, di Aula Kel. Meruyung, Jumat (13/1/2023).

Pelaksanaan Musrenbang Kelurahan Meruyung tahun 2023, menurutnya wujud dari komitmen Pemkot Depok, bahwa pada bulan Januari, sudah menjadi rutinitas diadakannya Musrenbang tingkat Kelurahan .

Baca Juga:  Tembok Gerbang Rumah Roboh Gegara Galian Proyek Drainase DPUPR Depok

“Kami aiawali dengan rembug RW, tanggal 1-7 Januari, lalu pra Musrenbang dan Musrenbang pada hari ini. Jadi ada 3 tahapan. Stake Holder yang kami undang hari ini ada DP3AP2KB, PUPR dan BP4D,” ujarnya.

Titik utama usulan prioritas warga hasil pra Musrenbang untuk kegiatan fisik, papar Yuyun, ada 10 kegiatan, diantaranya Penerangan Jalan Umum (PJU), Drainase, Paving Blok, Hotmix, Septixtank Individual dan Sumur Resapan.

“Fisik ada 10 kegiatan kita rencanakan untuk tahun depan, sebab orientasi tahun ini, perencanaan fisik tidak fokus pada jalan lingkungan, sekarang dikobulasi dengan pembuatan lubang biopori, uditch, resapan air, penerangan jalan dan septictank warga. Jadi ada 10 kegiatan berdasarkan hasil usulan prioritas warga saat pra Musrenbang,” jelasnya.

Baca Juga:  BKD Depok Kembali Sediakan Mobil Keliling Pelayanan PBB On the Spot

Yuyun mengutarakan, sedangkan usulan warga yang tidak tercover oleh Kelurahan, akan diajukan ke Dinas – dinas dan aspirasi atau Pokir anggota Dewan.

Ia berharap, masyarakat bisa mengawal saat pelaksanaan pembangunan fisik dan kegiatan masyarakat.

“Mohon nanti masyarakat berkolaborasi dan mendukung semua kegiatan, sesuai visi Kota Depok Maju Berbudaya dan Sejahtera,” harapnya.

Baca Juga:  Sekda Depok Serahkan Kartu BPK Program KDS Kepada Warga Bojongsari

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Depok, yang telah kucurkan anggaran sebesar Rp. 2,5 milyar untuk tahun 2023 sampai 2024. *iki

 26 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.