Minggu Besok Alun – Alun Kota Depok Diresmikan Walikota

MARGONDA, planetdepok.com – Pembangunan tahap dua Alun Alun Kota Depok, di Jl. Raya Grand Depok City (GDC), Kecamatan Cilodong selesai dikerjakan dan sudah siap untuk digunakan oleh warga Depok. Oleh karenanya Walikota Depok, Mohammad Idris memastikan peresmian Alun-alun Kota Depok, dilakukan pada, Minggu (12/1/20).

“Alun-alun kami resmikan tanggal 12 Januari mendatang, saat ini tengah dilakukan pembersihan kawasan dari sisa-sisa material. Setelah bersih, jam 06.00 WIB, tanggal 12 Januari besok, sudah ada yang selametan, silahkan datang jam 7 pagi, disana ada berbagai hiburan dari anak-anak Depok,” ungkap Idris, Kamis, (9/1/20).

Wali Kota mengatakan, pada 12 Januari esok pekerjaan sudah rampung 100 persen, sebenarnya akhir tahun kemarin juga sudah rampung, lantaran sisa material belum dibersihkan, kami tidak mau resmikan pada malam tahun baru lalu.

Konsep alun-alun kota, menurut Idris dibagi dalam tiga zona, yakni zona interaksi sosial untuk mewadahi kegiatan masyarakat, zona budaya dan pendidikan, menampilkan nuansa budaya, kesenian, serta sebagai upaya mencerdaskan warganya.

“Zona ketiga adalah zona ekonomi, terdapat griya pameran makanan dan konsultasi kemasan produk serta area food court UMKM,” bebernya.

Sarana dan prasarana yang dibangun di alun-alun tahap awal diantaranya Track sepeda BMX / skateboard, jogging track, lapangan basket, lapangan futsal, tempat pertunjukan seni dan budaya, pojok literasi.

“Nanti ada juga pojok ramah anak, ruang menyusui, serta disediakan area khusus untuk difabel, ibu hamil dan lansia, toilet nyaman, dan area parkir,” unggah Idris.

Untuk acara hari Minggu esok, panitia telah menyiapkan seabreg kegiatan diantaranya syukuran, peresmian, hiburan rakyat, community in action, final lomba menyanyi vocal solo piala Walikota dan penggalangan dana untuk korban bencana.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Depok Dudi Miraz memaparkan, proyek pembangunan yang laksanakan secara dua tahap tersebut, dibangun menggunakan dana APBD Kota Depok sejak tahun 2017 hingga 2019, menghabiskan dana sekitar Rp 160 miliar.

Kegiatan pembangunannya dilaksanakan secara dua tahap anggaran, tahap pertama dilaksanakan tahun 2017 dan tahun 2019, menambahkan fasilitas sekitar 15 titik di areal tersebut.

“Adapun penambahan fasilitas alun alun Kota Depok antara lain Greenhouse, jembatan utama, kolam retensi, lapangan terbuka hijau, pendopo, taman lansia, children playground, galeri UKM  2 lantai, Co-working space, menara pandang, halte bus, pintu masuk utama, parkir kendaraan dan lainnya”, ujar Dudi, Jumat (10/1/20).

Ia menyampaikan, mudah -mudahan pada hari Minggu 12 Januari 2020 keberadaan Alun Alun Kota Depok akan resmi dibuka oleh Wali Kota Depok, sejalan dengan selesainya seluruh pembangunan sarana maupun prasarana yang ada.

“Insya Allah.. Yang meresmikan Wali Kota Depok Mohammad Idris bersama Bunda Elly Farida, dengan berbagai atraksi menarik serta kesenian lainnya” , pungkasnya. *cky

58 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Copyright © 2019 Planet Depok All Rights Reserved Powered by MasHer