Antisipasi Mati Mendadak, BBI Berikan Garam Laut ke Kolam Ikan

Kepala UPTD BBI Kota Depok M. Nur Hidayat (foto: jd)

Kepala UPTD BBI Kota Depok M. Nur Hidayat (foto: jd)
Duren Mekar, Planetdepok.com – UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, melakukan sejumlah upaya antisipasi terhadap kematian ikan akibat peralihan musim panas ke hujan.

Salah satunya, dengan memberikan larutan garam laut untuk mencegah penyakit.

“Cuaca yang tidak menentu sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang ikan yang ada di kolam kami.Terlebih saat ini sedang musim cacar pada ikan,” ujar Kepala UPTD BBI DKP3 Kota Depok M. Nur Hidayat, Selasa (1/11/2022).

Baca Juga:  Dinkes Depok Buka Rekruitmen Ratusan Nakes Puskesmas

Untuk itu, terangnya, pihaknya melakukan antisipasi dengan pemberian larutan garam untuk mencegah kematian.

Selain itu, tambahnya, pihaknya juga mengurangi ketinggian air agar dapat termonitor. Untuk pasokan air, pihaknya masih mengandalkan mata air yang berada di wilayah sekitar.

“Saluran irigasi warga sempat jebol dan pasokan air tersendat. Namun, kami dapat atasi dengan menggunakan pompa air dari sumber mata air terdekat,” terangnya.

Baca Juga:  Kejar Herd Immunity, PDAM Tirta Asasta Depok Gelar Vaksinasi Dosis Kedua

Nur juga menyebut, untuk mempercepat proses bertelur, pihaknya menyuntikan hormon agar cepat ovulasi (pembuahan). Utamanya pada ikan lele.

“Jika ada ikan yang sakit, maka akan kami karantina dan pisahkan dari ikan yang sehat agar tidak tertular. Alhamdulillah upaya-upaya manual seperti ini mampu meminimalisir kematian secara mendadak pada ikan,” pungkasnya. *iki

 26 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga:  Penuhi Kebutuhan Kesehatan Warga, Pemkot Depok Jalin Sinergjtas Dengan RS Hermina