Dinkes Depok Grebek Jamban Helikopter

Kadinkes Kota Depok Mary Liziawaty (foto: ist)

Kadinkes Kota Depok Mary Liziawaty (foto: ist)
BALAIKOTA, PLANETDEPOK.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melakukan kegiatan pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) pilar pertama, yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Kegiatan pemicuan tersebut, melalui sosialisasi dan motivasi ke warga yang belum memiliki septic tank dirumahnya, serta melakukan grebek jamban helikopter bersama lintas sektor terkait.

“Kami lakukan grebek jamban helikopter agar tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar sembarangan sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 08 tahun 2018 tentang Air Limbah Domestik,” kata Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati, Senin (19/9/2022).

Baca Juga:  Tirta Asasta Imbau Pelaku Usaha & Niaga untuk Berlangganan Air Bersih

Menurut Mary, melalui kegiatan itu, pihaknya ingin mewujudkan kelurahan yang bebas buang air besar sembarangan atau kelurahan yang Open Defecation Free (ODF) 100 persen. Selain itu juga untuk memutus rantai penularan penyakit dan keracunan.

“Juga untuk meningkatkan kesehatan lingkungan, sehingga diharapkan masing-masing rumah tangga dapat mengubah perilaku menjadi higienis dan saniter, dan juga memiliki septic tank,” tuturnya.

Baca Juga:  Disdamkar dan Penyelamatan Kota Depok Bersama Hotel Savero Depok Gelar Pelatihan Manajemen Hadapi Bencana Alam

Mary menambahkan, dalam kegiatan ini, kunjungan dilakukan tidak hanya ke daerah yang masih ada jamban helikopter saja, tetapi wilayah yang masih banyak rumah tangga yang tidak memiliki septic tank.

“Dan kami melakukan penandatanganan komitmen kepada kepala keluarga yang belum memiliki septic tank agar mereka siap membangun tangki kedap air yang gunakan menampung dan mengolah limbah kotoran manusia tersebut,” pungkasnya. *iki

 15 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga:  Dinkes Gelar Workshop Perda Perubahan KTR Kota Depok