Walikota Ajak Elemen Masyarakat Terlibat Wujudkan Peran Puskesmas

JATIJAJAR, planetdepok.com – Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan, fungsi dan peran Puskesmas di Kota Depok adalah sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat, yang didukung dengan Peraturan Daerah (Perda) tentang sistem kesehatan. Namun demikian fungsi dan peran Puskesmas harus bisa direvitalisasi dan dikembangkan.

“Fungsinya tidak hanya sebagai pusat kesehatan, tetapi juga harus bisa membantu peran serta masyarakat dalam mewujudkan pola hidup sehat,” ujar Mohammad Idris disela peresmian dua Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Jatijajar dan Puskesmas Pondok Sukmajaya di Puskesmas Jatijajar, Perum Jatijajar Estate Blok C, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Depok, Selasa (15/09).

Idris menyampaikan, untuk mewujudkan pola hidup sehat, tidak hanya melibatkan aparat pemerintah saja, tetapi bisa melibatkan seluruh elemen masyarakat, untuk berpartisipasi dalam mewujudkan peran Puskesmas.

“Saat ini jumlah Puskesmas di Kota Depok sebanyak 38 Puskesmas. 12 Puskesmas diantaranya sudah menyelenggarakan layanan 24 jam. Termasuk Puskesmas Pondok Sukmajaya, yang telah mendapatkan sertifikat kategori utama,” bebernya.

Idris mengungkapkan, selain 12 Puskesmas yang menyelenggarakan layanan 24 jam berada di 11 kecamatan. Terdapat 10 Puskesmas yang melayani rawat inap (Poned), kecuali Kecamatan Limo yang belum memiliki Puskesmas Poned.

“Tahun depan pembangunan Puskesmas Poned di kecamatan Limo sudah ada. Semuanya dalam rangka meningkatkan pola hidup sehat.” jelasnya.

Karena itu, Walikota meminta bantuan dari unsur TNI dan Polri serta Camat dan Lurah, termasuk tokoh masyarakat untuk bisa terlibat mewujudkan pola hidup sehat.

“Apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini. Masyarakat harus selalu kita ingatkan untuk selalu menggunakan masker. Memakai masker memang terasa gerah dan berat. Tetapi lebih berat lagi jika sudah terkena corona,” tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita mengatakan, Puskesmas Jatijajar merupakan revitalisasi dari Puskesmas lama yang kondisinya sudah tidak memadai lagi.

” Diharapkan keberadaan Puskesmas ini dapat mengoptimalisasi pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” tutupnya. *cky

 48 total views,  3 views today

%d blogger menyukai ini: