Maksimalkan UPS Cisalak, DLHK Depok Gandeng Pemulung TPS

Ety Suryahati (foto: ist)

Ety Suryahati (foto: ist)
Tapos, Planetdepok.com – Sebagai upaya melakukan pemilahan sampah di Unit Pengolahan Sampah (UPS) Cisalak, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok menggulirkan sejumlah inovasi.

Salah satunya, dengan melibatkan pemulung sekitar untuk memilah sampah organik dan non-organik.

“UPS Cisalak ini baru beroperasi sekitar dua bulan, bangunan ini merupakan bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI,” terang Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati, Jumat (7/10/2022).

Baca Juga:  Puluhan Ribu Warga Depok Terima Sertifikat Tanah

Kebetulan, tandasnya, UPS Cisalak bersebelahan dengan Tempat Pengolahan Sampah (TPS), jadi pihaknya kerja sama dengan pemulung setempat untuk melakukan pemilahan.

Dalam pelaksanaannya, kata Ety, pihaknya memberikan ember kepada pemulung untuk sampah organik. Setelah sampah organik terkumpul, akan disetorkan melalui UPS Cisalak untuk pakan maggot.

“Jadi, ketika pemulungnya menemukan sampah organik, akan kita berikan ember dan ember tersebut akan kita berikan ke UPS Cisalak,” sambungnya.

Baca Juga:  Proyek Rp. 14.3 Milyar "Jalan Ditempat"

Dari tiga ton sampah yang dihasilkan, jelasnya, per hari dapat terkumpul sebanyak 800 kg – 1 ton, bahkan bisa lebih dikondisi tertentu untuk sampah organik.

Ety mengutarakan, saat ini terdapat delapan hingga 10 pemulung yang bekerja sama dengan DLHK, untuk pemilahan sampah organik. Sedangkan sampah non-organik yang bernilai jual, dimanfaatkan oleh pemulung untuk diolah dan ditimbang.

“Ketika kita bekerja sama dengan pemulung, kita melakukan simbiosis mutualisme dengan membuka rezeki bagi pemulung tersebut. Saya berpesan agar masyarakat juga melakukan pemilahan sampah dari rumah,” utasnya. *iki

 33 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga:  Pengawas & Pelaksana Lapangan Disertifikasi DPUPR Kota Depok